Perilaku Caring Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan

  • Mestiana Br Karo Program Studi Ners, STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Amnita Ginting Program Studi Ners, STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Iestin Harefa amnita180790@gmail.com
Keywords: caring behavior, pasien rawat jalan, tingkat kepuasan

Abstract

Perilaku caring sangat penting dalam kepuasan pasien, karena merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan. Oleh karena itu, perilaku caring dapat berdampak pada kualitas pelayanan kepada pasien. Kepuasan pasien adalah derajat antara harapan pasien tentang pelayanan yang ideal dengan persepsi pelayanan yang mereka terima. Kepuasan pasien penting untuk layanan perawatan kesehatan dan digunakan sebagai indikator kualitas perawatan dalam pengaturan klinis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perilaku caring dan tingkat kepuasan pasien.  Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan cross sectional, jumlah responden 81 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden sebanyak 59 orang (72,8%) menilai perilaku caring dengan baik, tingkat kepuasan sebagian besar responden sebanyak 46 orang (56,8%) merasa sangat puas, uji korelasi Spearman Rank diperoleh nilai p-value sebesar 0,038 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Aek Habil Sibolga tahun 2021.  

References

Agianto, A., Noor, S., & Maria, I. (2016). Hubungan Caring, Comfort, dan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Ratu Zalecha, Kalimantan Selatan, Indonesia. Jurnal Keperawatan Belitung , 2 (6), 156-163. https://doi.org/10.33546/bnj.39
Akhtari-Zavare, M., Abdullah, MY, Abdullah, MY, Syed Hassan, ST, Syed Hassan, ST, Binti Said, S., Binti Said, S., Kamali, M., & Kamali, M. (2010) . Kepuasan pasien: mengevaluasi asuhan keperawatan untuk pasien yang dirawat di rumah sakit dengan kanker di rumah sakit pendidikan Teheran, Iran. Jurnal Global Ilmu Kesehatan , 2 (1), 117-126. https://doi.org/10.5539/gjhs.v2n1p117
Azizi-Fini, I., Mousavi, M.-S., Mazroui-Sabdani, A., & Adib-Hajbaghery, M. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien. Studi Keperawatan dan Kebidanan , 1 (1), 36-40. https://doi.org/10.5812/nms.7901
Creswell, JW (2014). Prosiding Konferensi Tahunan Asosiasi Komunikasi Pidato Internasional, INTERSPEECH. Prosiding Konferensi Tahunan Asosiasi Komunikasi Pidato Internasional, INTERSPEECH .
Detty, AU (2020). Gambaran Tingkat Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan, Rawat Inap dan Ruang Operasi Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOC) , 21 (1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Dubois, CA, D'amour, D., Tchouaket, E., Clarke, S., Rivard, M., & Blais, R. (2013). Asosiasi hasil keselamatan pasien dengan model organisasi asuhan keperawatan di tingkat unit di rumah sakit. Jurnal Internasional untuk Kualitas dalam Perawatan Kesehatan , 25 (2), 110-117. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzt019
Hanley, JA (2003). Praktik keperawatan profesional. Virginia Nurse Quarterly , 37 (2), 27–35.
Hidayanti, N. (2013). Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Hubungan Kecemasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Naskah Pubikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta , 10.
Husni, MA, Sepriana, C., Putra, AA, & Suryatno, HH (2020). Perilaku Caring Perawat Dengan Pasien Hubungan Layanan Keperawatan Pada Pasien BPJS Kesehatan Di IRNA 3 RSUD Patut Patuh Lombok Barat. Jurnal Informasi Kimia dan Pemodelan , 21 (1), 1-9.
Ilioudi, S., Lazakidou, A., & Tsironi, M. (2013). Pentingnya Pengukuran Kepuasan Pasien dan Survei Elektronik: Metodologi dan Potensi Manfaat. Jurnal Internal Riset dan Inovasi Kesehatan , 1 (1), 67–87.
Indahwati, IIN (2021). Hubungan implementasi asesmen kebutuhan edukasi dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap melati rsd balung jember .
Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Kepuasan pasien terhadap mutu asuhan keperawatan. Keperawatan Terbuka , 6 (2), 535–545. https://doi.org/10.1002/nop2.237
Karo. (2018). Perilaku Caring Perawat Indonesia Menuju Peningkatan Praktik Keperawatan.
Karo, M. (2019). Perilaku Caring Perawat Indonesia Menuju Peningkatan Praktik Keperawatan Indonesia Tahun 2018. International Journal of Pharmaceutical Research .
Kosasih, CA (2018). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan dan Obat Terhadap Pasien di Puskesmas Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2018 .
Maay, JKR (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Bayangkara Jayapura. Indian Jourlan Penelitian & Pengembangan Kesehatan Masyarakat , 8 (4).
Negi, S., Kaur, H., Singh, G., & Pugazhendi, S. (2017). Kualitas komunikasi terapeutik perawat pasien dan kepuasan pasien secara keseluruhan selama mereka tinggal di rumah sakit. Jurnal Internasional Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat , 6 (4), 1. https://doi.org/10.5455/ijmsph.2017.0211522112016
Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan . http://eprints.ners.unair.ac.id/982/1/METODOLOGI PENELITIAN09162019.pdf
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian .
Pardosi, R.uli. (2019). Karakteristik Demografi dengan Perilaku Caring Perawat Dalam Praktek Keperawatan Di RSUD Dr. H Kumpulan Pane Tebing Tinggi Sumut Tahun 2019 (p. 130).
Permenkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 75 Tahun 2014 .
Pini, A., Sarafis, P., Malliarou, M., Tsounis, A., Igoumenidis, M., Bamidis, P., & Niakas, D. (2014). Penilaian kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pelayanan rawat jalan rumah sakit onkologi. Jurnal Global Ilmu Kesehatan , 6 (5), 196-203. https://doi.org/10.5539/gjhs.v6n5p196
Pisu, HD (2015). Analisis unvariat Hasil penelitian yang diperoleh sebanyak 60 pasien , dengan karakteristik sebagai brikut : Tabel Distribusi responden berdasarkan jenis kelamin . Banyak Responden Jenisn kelamin Laki-laki Perempuan Total. E-Jurnal Keperawatan (e-Kp) , 3 (2).
Polit, D., & Beck, CT (2012). Penelitian Keperawatan. Dalam Jurnal Teknologi Pengolahan Material (Vol. 1, Edisi 1).
Rokhmah, NA, & Anggorowati, A. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Praktek Kolaborasi Interprofesi Sebagai Upaya peningkatan Kualitas Pelayanan. Jurnal Studi Kesehatan , 1 (2), 65-71. https://doi.org/10.31101/jhes.186
Schauffler, HH, Rodriguez, T., & Milstein, A. (1996). Pendidikan kesehatan dan kepuasan pasien. Jurnal Praktek Keluarga , 42 (1), 62–68.
Utami, V. (2019). Hubungan Peduli Perawat Dengan Tingkat Pasien. Jurnal Keperawatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta .
Uzun, MB, Gülpınar, G., & zçelıkay, G. (2017). Türkiye'deki eczacılık fakültelerinin müfredatlarının değerlendirilmesi. Jurnal Farmasi Marmara , 21 (1), 183–189. https://doi.org/10.12991/marupj.259896
Yunita, S., & Hariadi, P. (2019). Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Hubungan Pasien Di Rumah Sakit Permata Bunda Medan Tahun 2019. Indonesian Trust Health Journal , 2 (1), 162–169.
Published
2021-09-29
How to Cite
Karo, M. B., Ginting, A., & Harefa, I. (2021). Perilaku Caring Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(4), 917-926. https://doi.org/https://doi.org/10.32583/pskm.v11i4.1636
Section
Articles